Selasa, 09 Agustus 2016

Perbedaan Linux dan Windows


OLEH:
ENDANG LESTARI
NIS: 15 2063 013







PROGRAM STUDI KEAHLIAN KOMPUTER DAN INFORMATIKA

KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI SUKOHARJO
TAHUN 2016
 






Perbedaan Linux dan Windows


 

 



Linux dan Windows sebenarnya sama-sama merupakan system operasi komputer. Hanya linux meruapakan system operasi terbuka (open source) yang berati gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa saja.
Sedangkan windows merupakan system operasi tertutup (komersial) yang berati kita harus membeli lisensi/perjanjian dengan perusahaan yang membuatnya jika kita ingin memnggunakannya.
Karena Linux yang memilki sifat open sourcenya sehingga dapat dikembangkan oleh banyak orang, maka dari itu Linux memiliki banyak macam. Macam-macam itu disebut “Distro” karena pengembangannya tidak  dilakukan oleh satu orang. Pada windows pun juga memiliki banyak macam, tapi macam-macam itu disebut “Versi” karena pengembanganya hanya dilakukan oleh satu perusahaan saja yaitu Microsoft.


Apa itu Windows?


Windows adalah sebuah system operasi nama pembuatnya adalah bapak Bil Gates Ydyari perusahaan ternama yaitu Microsoft, Windows sebenarnya merupakan OS yang berbayar untuk membeli lisensinya. Dan windows itu sudah banyak sekali dikenal oleh seluruh dunia khususnya diindonesia ini dibandingan dengan yang lainnya seperti Linux dan Mac Os.


Apa itu Linux?

Linux adalah suatu system yang merupakan turunan dari Unix, dan linux juga merupakan hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumbernya yang terbuka. Keunggulannya banyak sekali karena perangkat lunaknya bebas sehinnga kita bisa memodifikasi lagi sesuai keinginan kita dan pilihan pilihannya juga cukup beragam untuk kita yang suka dengan macam-macam bentuk yang unik.

Berikut adalah perbedaan antara Linux dan Windows :



Dari segi tampilan 


-        Windows  
Windows sangat unggul dalam segi grafis dan tampilan oleh karena itu game bergrafis tinggi banyak dikembangkan untuk Operating System Windows. Selain memiliki tampilan yang bagus juga mempermudah pengguna untuk menggunakannya.

-         Linux
Tampilan pada Linux juga tidak jauh berbeda pada tampilan Windows. Tampilan pada Linux juga sangat mudah untuk dimengerti oleh penggunanya, tetapi Linux tidak unggul dalam segi grafis dan masih banyak coding (pemograman)  yang dipakai untuk menggunakannya dengan benar. Biasanya tampilan di Linux sedikit monoton.


Dari segi harga



·         -   Windows

Windows merupakan OS yang populer. Seperti yang anda ketahui, sudah banyak versi bajakan dari Windows, Itu dikarenakan harga Windows yang mahal.

karena kebutuhan dan sifat user friendly pada Windows yang menjadikan Windows tetap laris di pasaran.


·          

      -    Linux
Berbeda dengan Windows, Linux merupakan OS yang bersifat Open Source atau dapat dikembangkan oleh siapa saja. Dilihat dari harganya, harga Linux cukup terjangkau. Hal itu disebabkan oleh sifat open source pada Linux, biaya yang perlu di keluarkan hanyalah biaya untuk akses internet yang di gunakan untuk mendownload OS linux tersebut.




Dari segi keamanan

·        -      Windows

Berbeda dengan Linux, windows lebih rentan terkena virus. Virus pada Windows mudah dengan cepat berkembang, karena sifat komersialnya (tertutup) dan Windows juga rentan terkena serangan hacker.


·         -   Linux
Linux terkenal dengan keamanannya dari virus dan juga hacker. tetapi bukan berarti Linux bebas dari virus, tapi virus itu tidak bisa berkembang seperti halnya virus pada Windows.


Dari segi penggunaan





·        -      Windows
Windows sering digunakan untuk pekerjaan kantor, sekolah, dan juga untuk bermain game, biasanya oleh pelajar dan pekerja juga untuk membuat laporan. Karena tampilan yang sudah familiar di kalangan pelajar. Dan karena interface pada windows yang mudah untuk pengoperasiannya dan fungsinya yang bisa membantu mereka dalam mengerjakan tugasnya.


·        -      Linux
Linux sebenarnya tidak digunakan sama seperti Windows. dengan ketahanan Linux terhadap virus dan juga source codenya yang dapat dengan mudah diubah dan di tambah menjadikan Linux sering di gunakan untuk sistem administrator.
Linux sering dipakai untuk administrator dalam suatu LAN, menjadi server dalam internet, dan menyediakan layanan web proxy.





Itulah sebagian perbedaan anatara Linux dan Windows. Tidak ada salahnya kita mengetahui  kedua perbedaan OS tersebut.
Kita akan tahu lebih banyak perbedaan kedua OS ini setelah kita sering menggunakannya, Walaupun kedua OS ini memiliki perbedaaan namun, pada dasarnya kedua OS ini sama saja karena jika tidak ada OS kita tidak bsa mengoperasikan komputer kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar