Minggu, 28 Agustus 2016

Menambahkan Hak Akses pada file atau direktori di linux ubuntu



Menambahkan Hak Akes kepada file / direktori di linux ubuntu






Assalamualaikum wr.wb


Pada kesempatan kali ini disini mbak endang akan menyampaikan tentang “Menambahkan hak akes kepada sebuah file / direktori”.
           Hak akses merupakan sebuah pembatasanfile bagi user dan pembatasan user itu sendiri. Hak akses biasanya digunakan untuk menjaga privacy dan keamanan file atau user.
Hak akses ini terbagi dua yaitu “hak akses pada file dan hak akses pada user”. Pada Sistem Operasi berbasis linux terdapat beberapa jenis user antara lain :

Root
Root adalah sebuah akun user yang memiliki hak akses tertinggi. Hal ini memungkinkan user dengan akses root bisa mengatur file sistem, user, sumber daya (devices), dan akses jaringan 
User biasa
Yaitu sebuah akun user yang diatur oleh user root dalam melakukan aktivitas sistem. User ini bisa menjalankan aplikasi dari sistem operasi dan sebagainya. Namun tidak bisa mengubah file sistem
Group
Yaitu kumpulan user biasa yang memiliki hak akses yang sama terhadap suatu komputer atau device.

  •     Pengertian CHMOD
Chmod (Change mode) merupakan salah satu perintah pada linux yang berfungsi untuk mengurangi atau memberikan izin (Hak Akses) pada suatu file atau direktori dan user serta group.


Izin hak akses ada tiga macam yaitu
- Read / r (hanya dapat membaca sebuah file /program)
- Write / w (hanya dapat mengedit sebuah file / program)
- Execute / x (dapat menjalankan sebuah program)



Adapun ketiga mode akses tersebut, yaitu :
  • Owner, Hak akses user pemilik file /direktori sehingga user lain tidak dapat melakukan modifikasi pada file/direktori tersebut apabila tidak mendapatkan izin akses pemilik file/ direktori.
  • Group, Hak akses yang dimiliki group tempat user tersebut berada sehingga hanya user yang didaftarkan didalam group yang bisa mengakses file /direktori tersebut.
  • Other / Publik, Hak akses yang dimiliki setiap user selain pemilik file / direktori. Sehingga user lain dapat mengakses file /direktori yang dimiliki oleh owner tersebut tergantung pada file permision yang diberikan oleh owner.   

Contoh:
Memberikan hak akses Read Write dan Execute pada sebuah file/direktori secara bersamaan maka numeriknya menjadi seperti ini:






Arti angka/nilai pada pemberian hak akses yaitu


Keterangan Gambar :
- 4 berarti read (r)
- 2 berarti  write (w)
- 1 berarti execute (x) 
- berarti tidak ada izin (-)
Jika ingin memberikan hak akses pada sebuah file / direktori maka tinggal menjumlahkan bilangan diatas. 

Read + Write + Execute
  4     +   2     +    1
 


Dengan menggunakan letter coding, Anda dapat merubah permission untuk masing-masing u (user), g (group), o (other) dan dengan hanya memberi tanda plus (+) untuk menambah ijin dan tanda minus (-) untuk mencabut ijin.
-rwxr-xr-x 2 ratih ratih 4096 Aug 25 11:29 backup
perhatikan baris  rwxr-xr-x , baris tersebut mewakili 3 user dan setiap user memiliki 3 hak akses, rwx pertama untuk o (owner) , r-x untuk u(user) dan r-x terakhir untuk o(other). urutan user ini tidak berubah selalu o,u baru .

Untuk menggunakan perintah chmod, perintahnya adalah:
# chmod hakakses namafile


Pemberian hak akses pada file Linux :
Pada pemberian hak akses untuk file kita gunakan cmhod yaitu “chmod hak akses nama file
Kemudian setelah itu untuk melihat hak akses dari suatu file kita gunakan “ls –l”.
Disini saya menggunakan “chmod 777 Data\ Diri.txt”, disini saya memberi nama file saya Data Diri.txt yang kemudian mempunyai hak akses –rwx|rwx|rwx dimana hak akses untuk user adalah rwx, hak akses untuk owner adalah rwx, hak akses untuk group adalah rwx.



Kemudian  untuk  mengubah Hak Akses folder menggunakan perintah
Tidak jauh berbeda dengan penambahan “Hak Akses pada file” disini juga menggunakan cmhod (chmod hak akses nama file).
Contoh: pada penambahan hak akses pada folder, disini saya hanya memberikan hak akses pada bagian Execute (x) kepada ketiga mode akses.
Dan saya memberikan hak aksesnya “chmod 111 backup/” kemudian Enter, untuk melihat hak akses dari suatu file kita gunakan syntak “ls –l”.
Nah setelah kita mengklik Enter kita akan mendapatkan hak akses, hak akses  untuk User adalah 1 (--x), untk group adalah 1 (--x), dan untuk other juga 1 (--x).
Demikian yang dapat saya sampaikan..
Terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan bosen-bosen ya untuk menunggu postingan saya berikutnya..
Wassalamualikum wr.wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar