Rabu, 31 Agustus 2016

Installasi Web Server



INSTALLASI WEB SERVER 

 

Assalamualaikum wr.wb

Good Morning guys....

Inggris dikit gak papa yak, Ok guys disini admin mau ngepost tentang artikel “Installasi Web Server”, sebelum ke Installasinya admin juga mau ngebahas pengertiaan “Web Server”
 
Apa sih web server itu???.
 


Web Server merupakan perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP (Hyper Text Protocol ) dan atau HTTPS (Hyper Text Protocol Secure),yang lebih dikenal dengan nama browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
            Nah, dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Web Server meerupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) seperti, Mozilla, Chrome, Internet Explorer, supaya browser dapat menampilkan halaman atau data yang kita minta.
Fungsi Web Server
Web Server berfungsi mentransfer atau memindahkan berkas yang diminta pengguna melalui protokol komunikasi tertentu.

Macam – macam Web Server diantanya:
  1. Apache Web Server – The HTTP Web Server
  2. Apache Tomcat
  3. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  4. Lighttpd
  5. Sun Java System Web Server
  6. Xitami Web Server
  7. Zeus Web Server
Bagaimana Cara Kerja Web Server?
 


Lalu bagaimana prinsip atau cara kerja web server itu sendiri? Cukup sederhana untuk dipahami, karena pada dasarnya tugas web server hanya ada 2 (dua), yaitu:
  1. Menerima permintaan (request) dari client, dan
  2. Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response).

Penjelasan gambar :

- Client disini dapat berupa computer desktop dengan minimal memiliki browser dan terhubung ke web server melalui jaringan (intranet atau internet).

- Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server. Agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet). Dalam jaringan internet, komputer ini biasanya bernama www.google.com. www.bl.ac.id atau memiliki kode komputer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.

- Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di computer client. Misalnya client mengetikan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol enter atau klik tombol Go pada browser. Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protocol http, akan mencari komputer bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “hai google, ada client yang minta halaman utama nih, ada dimana halamanya?”. Inilah yang disebut request.

- Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari, kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan. 





Ok.. Kita langsung ke Langkah Install Web Server.

1. Langkah pertama yaitu kita login dengan memasukan user kita dan password kita.



2. Kemudian kita masuk ke server kita “sudo su”, dan  kita cek cek koneksi ke internet dengan perintah “ping google.com”.


3. Kemudian masuk ke “cd /etc/apt/” Enter. Kemudian gunakan perintah “ls”


4. Lalu backup “sources.list” dengan perintah “cp namafile namafile.backup”. Contoh : “cp sources.list sources.list.backup”.

5. Kemudian untuk mengeditnya kita masuk ke “nano sources.list”.


6. Disini di text editor,kita hapus semua isinya dengan perintah “ctrl+k”, Kemudian kita pastekan repository, yang sudah kita copy sebelumnya dengan mengklik kanan.
Kemudian kita save dengan perintah “ctrl+o”.  Sebelumnya kita searching dulu repostorinya “repo ubuntu 14.04 Indonesia”.



7. Kemudian ketik perintah “apt-get update”, saat proses sedang berjalan pastikan jangan mengcancelnya. Kemudian muncul informasi, jika kita setuju ketik “Y


8. Dan setelah itu kita Install apache2 dengan perintah “apt-get install apache2”, jangan di cancel saat proses sedang berjalan. Jika kita setuju klik saja “Y”

9. Kemudian kita cek IP Address nya dengan perintah “ifconfig


10. Dan kita cek kembali di sisi client (command promt) menggunakan perintah “ping IP Address”. Contoh: ping 192.168.142.48


11. Kemudain kita cek di google  di kolom pencarian diatas, kita ketik IP Address kita. Seperti pada gambar berikut.


12.Kemudian untuk mengetahui Status service apche2 gunakan perintah “service apache2 status


13. Service apche2 bisa dinonaktifkan dengan perintah “service apache2 stop
Dan bisa diaktifkan kembali dengan perintah “service apche2 start


14. Kemudian masuk “cd /var/www/html/” Enter dan ketik “ls”


15. Kita dapat mengeditnya pada tex editor dengan “nano indx.html


16. Nah sisini kita dapat menambahkan nama kita, contohnya disini saya menambahkan nama saya “Endang Lestarri”

17. Kita cek lagi di kolom pencarian di browser paling atas “192.168.142/index.html


18. Kemudian kita buat folder baru dengan perintah “mkdir namfolder


19. Kemudian setelah kita sudah masuk ke text editor kita buat isikan data diri kita.
20. Kita cari di browser “192.168.142.48/datadiri/” kemudian Enter, setelah itu muncul tampilan kita klik index.HTML dan hasilnya akan seperti di gambar berikut.



Selesai...
Demekian yang dapat endang samapaikan, meskipun sedikit semoga bermanfaat bagi kita semua,Amin..
Kurang lebihnya jika ada yang salah dalam penulisannya tolong ditambahin ya.
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb










Tidak ada komentar:

Posting Komentar