Jumat, 12 Agustus 2016

Installasi Xubuntu 14.04 di VirtualBox



Instalasi Xubuntu 14.04 Di VirtualBox



Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulillah pada kesempatan ini saya masih bisa menyampaikan sesuatu yang Insyaallah berguna bagi kita semua, Ok disini saya akan menyampaikan tentang installasi Xubuntu 14.04 di VirtualBox..
Sebelum masuk ke topik pembahasan saya ingin membahas tentang sejarah Linux Ubuntu terlebih dahulu.
Sejarah Linux Ubuntu
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004, versi-versi ubuntu akan dirilis stiap 6 bulan sekali agar dapat memperbaharui sistem keamanan dan update program. LTS (Long Term Support) rilis, yang terjadi setiap dua tahun, didukung untuk tiga tahun  pada desktop dan server untuk lima tahun. Andy Fitzsimon merupakan pencipta logo dari ubuntu yang sampai pada saat ini tidak ada perubahan dalam logo tersebut. Default User Interfaceny menggunakan GNOME ( varian berbeda ). Ubuntu didasarkan pada paket-
 paket dari Debian yang tidak stabil keduanya menggunakan distro Debian’s deb format
dan alat manajemen paket, APT dan Synaptic walaupun Debian dan Ubuntu merupakan  paket-paket yang belum tentu ( biner kompatibel ) satu sama lain, dan mungkin perlu dibangun ulang dari sumber. Ubuntu dapat digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64- bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000), Playstation 3. Minimum sistem untuk instalasi desktop adalah 300 MHz prosesor x86, 64 MB RAM, 4 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA pada resolusi 640×480. Disarankan sistem untuk instalasi desktop adalah 700 MHz prosesor x86, 384 MB RAM, 8 GB dari ruang hard drive, dan video yang mendukung kartu VGA di resolusi 1024 × 768. Server memerlukan instalasi x86 prosesor 300 MHz, 64 MB RAM, [61] dan video yang mendukung kartu VGA di 640 × 480. Komputer yang tidak memenuhi persyaratan minimum yang disarankan sistem yang disarankan untuk mencoba Xubuntu, berdasarkan Xfc.

Cara Install Xubuntu 14.04 di VirtualBox


1. Buka aplikasi VirtualBox yang sudah kita install, Kemudian klik New.

 2. Kemudian isi nama (terserah nama apa yang akan digunakan) dan Operating System yang akan di install, Kemudian klik Next.


3. Kemudian isi nama (terserah nama apa yang akan digunakan) dan Operating System yang akan di install, Kemudian klik Next.


4. Pilih Create a virtual hard drive now, karena kita disini akan membuat langsung partisi harrdisk yang akan dipergunakan untuk melakukan installasi.

  
5. Kemudian pilih virtual yang akan digunakan karena kita menggunakan Vbox maka kita pilih VDI. Kemudian klik Next.




6. Pada tahap ini kita akan diminta bagaimana harddisk virtual kita akan disimpan, disini kita akan diberi dua pilihan.
Disini tersedia 2 (opsi) yang dapat dipilih:

1. Dynamically allocated
Jika kita memilih ini maka kapasitas harddisk yang kita pergunakan akan berdasarkan kapasitas harrdidk virtual yang kita pergunakan dan kita setting tadi dan tidak tergantung berdasarkan dari kapasitas harddisk fisik yang kita miliki.

2. Fixed size
Jika kita memilih ini maka kapasitas Hrddisk berdasarkan kapasitas dari harddisk fisik kita. 
Jadi saya sarankan kita memilih opsi Dynamically allocated.  Kemudian tekan Next.

7. Muncul pengaturan lokasi dan ukuran dari hard drive, untuk lokasinya biarkan saja default, dan untuk ukuran hard drive dapat disesuaikan dengan kemapuan komputer/laptop anda masing-masing. Kemudian klik Create.


8. Jika kita telah selesai melakukan langkah-langkah proses di atas tadi maka akan muncul tampilan sebuah mesin dengan nama yang sudah dibuat di awal dan dalam keadaan kosong dan siap di install Xubuntu.

9. Kita perlu mengatur beberapa konfigurasi sebelum memulai menginstall Ubuntu 14.04 kita klik Setting.


10. Klik bagian Storage, pada Controller: IDE klik empity, dibagian atrributes klik CD/DVD Drive klik pada logo CD dan pilih Choose a firtual CD/DVD disk file.




11. Cari file iso dari Ubuntu 14.04 yang akan di jadikan master installan Ubuntu 14.04 di VirtualBox nanti. Kemudian klik Open.

12. Jika sudah klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

 
13. Sekarang saatnya kita melakukan dari VirtualBox. Klik Start untuk menghidupkan Virtual machine.


14. Tunggu beberapa saat setelah muncul tampilan seperti ini tentukan bahasa yang akan digunakan untuk penginstallan disini saya menggunakan bahas inggris karena lebih familiar dan tidak terlalu rumit. Terdapat 2 pilihan yaitu :
-Try Ubuntu : Mencoba mengoperasikan ubuntu tanpa harus menginstallnya ke harddisk.
-Install Ubuntu : Berarti kita siap menginstallnya.
Karena kita ingin menginstallnya, maka kita pilih saja Install Ubuntu


15. Untuk type Installasi kita pilih “Erase”, kemudian klik Install Now.


16. Tentukan lokasi tempat kamu berada, pilih Pulau Jawa kemudian muncul Jakarta, Kemudian klik Continue.


17. Kemudian muncul tampilan Keyboard Layout, tentukan bahasa yang akan digunakan disarankan menggunakan English (US), jika di sebelah kiri menggunakan English (US) maka di sebelah kanan juga harus sama. Kemudian klik Continue.



18. Kemudian masukkan nama, nama komputer, username, password harus kuat. Contoh Ubuntu14, Kemudian klik Continue. 
 


19. Tunggu sampai proses Installasi berakhir,saat proses installasi sedang berlangsung dan sedang mendownload file-file yang mungkin tidak dibutuhkan sebaiknya klik skip, Namun jika sedang configuring sebaiknya tidak usah.


20. Installasi sudah selesai sekarang klik tombol restart atau pilih minimize
Kemudian atur kembali beberapa konfigurasi Klik Setting - Klik Storage – Klik Controller : IDE xubuntu-14.04.1-dekstop-i386.iso - CD/DVD Drive - Klik Remove disk form virtual drive - Kemudian klik OK.


21.Double klik pada mesin yang digunakan untuk menginstall Ubuntu 14.04 tadi.

22. Kemudian muncul tampilan login screen untuk masuk ke Ubuntu Dekstop 14.04 – login dan masukkasan password yang telah di buat pada saat installasi.



  23. Alhamdulillah akhirnya Ubuntu Dekstop 14.04 terinstall baik di Virtualbox. Selamat mencoba..

 





Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Aminn.....
Jika dalam penulisan postingan Cara Install Xubuntu 14.04 masih banyak kesalahan mohon ditambahkan karena saya masih dalam pembelajaran.
Terimakasih telah berkunjung ke blog saya,,


Wassalamualaikum wr.wb
  
 


 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar