Selasa, 04 Oktober 2016

Membuat Simulasi Jaringan



Membuat Simulasi Jaringan (Web server, DHCP Server, DNS Server, Mail Server, FTP Server) menggunakan CISCO PACKET TRACER




Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar guys, sudah lama saya tidak memposting blog. Pada kesempatan kali ini saya akan mempostingkan sebuah artikel tentang simulasi pembuatan jaringan komputer menggunakan software Cisco Packet Tracer. Sebelum kita ke pembuatan simulasi jaringan terlebih dahulu kita harus mengetahui apa sih Cisco packet Tracer itu? Kegunaan dan fungsinya untuk apa ya??....



Pengertian Cisco Packet Tracer

simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Kegunanaan Cisco Packet Tracer


Cisco Packet Tracer biasanya sih digunakan oleh cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini biasanya digunkan hanya sebagai alat bantu belajar.

Fungsi Cisco Packet Tracer

Fungsi dari Cisco Packet Tracer yaitu untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan diterapkan pada dunia nyata atau kerja. karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal.

 

Membuat Web Server

Pada postingan ini saya akan menjelaskan secara sederhana tentang bagaimana caranya kita membuat web server. Saya menyediakan 1 server, 1 switch, dan 2 PC. Kemudian disini saya mencoba mengkoneksikan 2 PC ke switch dan 1 buah switch ke server.
Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitukita buka aplikasi Cisco Packet Tracer, kemudian kita buat gambar seperti pada gambar dibawah ini.


Kemudian kita tentukan IP Address untuk servernya terlebih dahulu, untuk menentukan IP Address untuk server kita klik servernya. Kemudian pilih Tab “Config” pilih button “FastEthernet0” . dan ketikkan 192.168.1.1 untuk IP Address dan Subnet Mask 255.255.255.0 pastikan kita pilih Static. Disini saya menggunakan IP yang menurut saya tidak terlalu pusing, anda bisa menggunakan ip sesuai keinginanan.
Kemudian pilih Tab Dekstop dan pilih IP Configuration, kemudian pilih static dan isikan IP address dan subnet mask.

Kemudian pilih Tab Dekstop dan pilih IP Configuration, kemudian pilih static dan isikan IP address dan subnet mask.


Kemudian pilih Tab Service dan pilih button DHCP, disini saya akan mengatur DHCP-nya saya mengatur Default Gatewaynya dan DNS Server disesuaikan dengan IP Address yang sudah saya atur sebelumnya yaitu 192.168.1.1 isikan seperti di gambar kemudian save.


Setelah itu buat DNS (Domain Name Server) dengan cara klik tab service kemudian pilih DNS.  Kemudian kita atur pada bagian DNS Service pastikan on, dan pada Name kita bisa isi dengan nama kita disini saya mengisinya endang.com kemudian Addrees isikan dengan IP Server yaitu 192.168.1.1. Kemudian klik Add


Nah untuk mengatur HTTP nya kita klik HTTP pada Tab Service. Pastikan HTTP dan HTTPS on. Pada bagian ini saya mengubah dengan nama Endang


Setelah semua sudah diatur pada server nya, disini saya akan mengecek ip yang didapat oleh client PC0 dengan cara klik pc0 dan pilih Desktop dan pilih IP Configuration kemudian klik DHCP dan akan muncul seperti pada gambar disini PC0 mendapatkan IP 192.168.1.2 dan lakukan pada hal yang sama pada PC1 disini PC1 mendapatkan IP 192.168.1.3


Dan Kita buka website yang sebelumnya sudah saya atur pada bagian server, disini saya mengguanakan PC0 untuk membukanya caranya klik pada bagian PC0 dan pilih Tab Desktop dan pilih Web Browser pada URL pada browser kita ketikkan dengan menggunakan ip milik server 192.168.1.1 kemudian klik Go. Kemudian saya menggunakan website yang sudah saya buat pada server dengan mengetikkan endang.com kemudian klik Enter atau Go, jika berhasil tampilan yang ditampilkan akan sama.


Kemudian buat Email dengan mengklik pada server dan pilih Tab Service dan klik EMAIL, dan kita isi pada Domain name isikan domain name yang sudah diatur pada DNS. saya menggunakan endang.com, disini saya membuat 2 user satu untuk PC0 DAN PC1.
PC0 dengan nama 12endung dan PC1 dengan nama 13endung kemudian pada domain name klik Set dan untuk menambahkan user klik tanda (+) dan tanda (-) untuk menghapusnya.


Dan untuk masuk ke email kita klik PC0 pilih Desktop dan double klik pada Email.


Isikan seperti pada gambar kemudian klik save.


Dan masukkan email pada PC1 caranya sama seperti pada langkah diatas.

Pada bagian ini saya akan mencoba mengirim email pada PC0 dari PC1. Klik Compose pada bagian Compose Email, “to” isikan kemana kita akan mengirim emailnya saa mengisinya 12endung@endanglestari.com karena saya akan mengirimnya pada PC0. Subjectnya saya isi tes, pada kolom saya isi apa kabar. kemudian klik Send.


Pengiriman Berhasil.





Untuk mengeceknya buka pada PC1 dan klik Receive, dan akan muncul email yang diterima dari PC1 13endung@endang.com


Untuk melihat isinya kita bisa klik salah satu emailnya dan akan seperti tampilan dibawah ini.


Setelah itu saya mencoba membuat FTP caranya klik pada server kemudian pilih Service dan klik FTP, Pada user setup di bagian user name saya isi dengan nama endang dan isi juga passwordnya. Kemudian centang semua seperti pada gambar kemudian klik Add.



Untuk mengecek FTP nya, klik pada salah satu client kemudian klik Desktop dan klik Command Promt, kemudian ketikkan pada jendela commandpromt ip kita seperti ftp 192.168.1.1 kemudian Enter dan masukkan nama dan passwordnya.

Demikian yang dapat saya posting.
Terimakasih.. Wassalamualaikum wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar