Selasa, 20 September 2016

Cara Membuat NAT (Network Address Translation)



Cara Membuat NAT (Network Address Translation)





Assalamualikum wr.wb
Hy Guys, dari pada bengong gk jelas mendingan ngeblog ya biar pinter juga pastinya. Pada kali ini admin akan ngeblog tentang “ Cara membuat NAT (Network Address Translation).


Apa sih NAT itu ?


NAT (Network Address Translation) merupakan Sebuah proses pemetaan alamat IP diman perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat ip public ke perangkat jaringan local sehingga, banyak ip private yang dapat mengakses ip public.
              Fungsi NAT adalah sebagai Translasi dari alamat IP Public ke alamat IP Private dan sebaliknya sehingga dengan adanya NAT ini setiap komputer pada jaringan LAN dapat mengakses internet dengan Mudah.

         Perbedaan IP Public dan IP Private

  • IP Public merupakan Sebuah alamat IP publik yang ditugaskan untuk setiap komputer yang terhubung pada internet dimana setiap IP adalah unik. Maka akan tidak bisa ada dua komputer dengan alamat IP publik yang sama dalam seluruh Internet. Skema pengalamatan memungkinkan komputer untuk “menemukan satu sama lain” dan melakukan pertukaran informasi. Pengguna tidak memiliki kontrol atas alamat IP (publik) yang diberikan ke komputer. Alamat IP publik ditugaskan untuk komputer oleh Internet Service Provider secara langsung setelah komputer terhubung ke gateway Internet.


  • IP Private merupakan ip yang bersifat pribadi dan  lokal, lokal maksudnya ip ini hanya digunkan sebgai identifikasi komputer pada jaringan tertutup yang bersifat pribadi IP private ini tidak bisa digunkan untuk mengakses jaringan internet, ip private hanya untuk jaringan. ip private juga tidaj diakui dan merupakan ip yang digunakan oleh suatu organisasi yang diperuntukan untuk jaringan lokal.
    Range IP Private
    Kelas A = 10.0.0.0 – 10.255.255.255.255
    Kelas B = 172.16.0.0 – 172.31.255.255
    Kelas C = 192.168.0.0 – 192.168.255.255

       
    Jenis NAT ada 2 macam yaitu

Dnat ( Destiantion Network Address Translation ) adalah sebuah NAT yang berfungsi untuk meneruskan paket dari IP Public ke firewall ke suatu host dalam jaringan. Dnat hanya bekerja dalam table nat, didalm table nat terdapat 3 bagian (CHAIN) yang meliputi prerouting, Postrouting, Output.
Snat (Source Network Address Translation) bertugas untuk merubah source address dari suatu paket data. Disini Snat hanya berlaku pada postrouting.


Sedangkan Kelebihan dan Kekurangan NAT adalah sebagai berikut:
   Kelebihan dari NAT
Menghemat IP legal yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider).
Dapat meningkatkan fleksibilitas untuk koneksi jaringan
   Kelemahan NAT
Menyebabkan keterlambatan proses, karena data yang dikirim harus melalui perangkat NAT terlebih dahulu.
Dapat Menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal.
Cara Membuat NAT (Network Address Translation) 




Sebelum kita membuat NAT, pasyikan masuk ke super user terlebih dahulu dengan perintah “sudo su”



Setelah sudah masuk ke super user, kemudain aktifkan ip forward dengan menggunakan perintah “ echo 1 >  /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
 
Kemudian kita masukan perintah “ iptables  –t  nat  –A  POSTROUTING  –j  MASQUERADE “ perinytah ini digunakan untuk menutupi client yang berada dibawahnya.
Atau bisa juga menggunakan perintah “ iptables  -t  nat  -A  POSTROUTING  -o  ethx  -j MASQUERADE
-o merupakan out interfaces, bagian interfaces yang mengarah keluar
ethx merupakan bagian interfaces yang akan digunakan atau yang mengarah keluar misal eth0 atau eth1.

Kemudian cek pada client mengguankan perintah “ tracert “ misal tracert google.com atau tracert yahoo.com
Tracert / Traceroute meupakan perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan.
Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) echo request ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.
Nah berikut langkanya mudah bukan....

Selamat Mencoba...
Wassalamualaikum wr.wb





 

1 komentar: